Monday, September 30, 2013

Wedding Preparation 2

Hello helloooo...

Melanjutkan postingan sebelumnya, yuk mari kita bahas apa sih yang harus dipersiapkan sebelum kita menikah..

6. Catering
Yang ini penting banget, biasanya yang diinget pertama kali oleh tamu-tamu undangan adalah apakah makanannnya enak dan apakah makanannya cukup. 
Sebenernya cari catering ga susah-susah banget sih, begitu kita booking gedung  Biasanya yang ditanya sama pihak catering adalah "berapa jumlah undangan" dan "acaranya dimana". Jadi pastikan sudah punya bayangan berapa orang yang mau diundang. Biasanya catering sudah bisa menghitung dengan jumlah undangan sekian berapa untuk buffet dan berapa untuk pondokan. Jangan ragu-ragu untuk nanya tentang daftar menu ya, mereka biasanya welcome untuk ngasih saran tentang menu. Kenapa mereka nanya acara dimana? Ini soalnya berkaitan dengan apakah kalian akan nikah di luar kota (biasanya kena charge untuk akomodasi) dan kalau di kota tertentu, pilihan gedung bisa mempengaruhi harga makanan :)
Terus yang paling penting adalah test food karena kita bisa makan gratis bisa tau rasa makanan mereka. Biar ga bingung, mungkin sebaiknya batasi berapa vendor catering yang diinginkan, terus minta diundang ke test food mereka. Kalo bisa datanglah berkali-kali biar yakin kalo rasa makanan mereka konsisten, kalo mau lebih santai sih test food nya di kantor mereka, tapi ada beberapa catering yang ga punya test food session di kantor mereka. Terus yang penting juga adalah saat test food kita bisa liat dekorasi mereka. Oh iya, dekorasi untuk catering adalah tanggung jawab dari pihak catering yah, jadi harus di cek. jangan sampai dekornya terlalu minimalis, atau bahkan lebih heboh daripada pelaminan :( ada baiknya untuk hal ini juga kerjasama dengan pihak dekorasi biar nuansa warnanya bisa cucok :D
Oh ya sama aja kaya book gedung, booking catering juga jangan ditunda-tunda ya. beberapa catering yang (menurut gw) cukup bagus punya batasan berapa client yang mereka layani per hari nya, jadi siapa cepat dia dapat :)
*what I do:
 Untuk catering sih awalnya gw dan si Mas beserta keluarga udah milih sekitar 4 catering yang mau kita liat. Ini berdasarkan rasa dan harga ya sodara-sodara (secara catering memakan lebih dari setengah budget pernikahan, huhuhu). Dari 4 itu yang 1 langsung dicoret karena rasanya (menurut pengalaman para ibunda) itu ga konsisten. Jadilah tinggal 3 vendor, dan setelah test food sama itung-itung harga *dimana proses ini banyak menguras air mata* *tabungan mana tabungan* akhirnya dipilih 1, langsung booking. Nantinya review catering akan gw bahas di post yang lain ya :)

7. Dekorasi
Baiklah, kita masuk ke bagian yang juga biasanya bikin pusing dan galau soalnya makin banyak yang diliat kok semuanya lucu yaaaaa... :D
yang pasti sih kalo kalian ada mau ngadaon acara di gedung, pastikan si vendor dekorasi rekanan dengan gedung, karena charge non rekanan agak-agak bikin sedih hati gitu.
Setelah kira-kira kalian milih beberapa vendor (jangan banyak-banyak ya, ntar pusing), jangan lupa liat perform mereka ya. Terus kalo ada yang ga cocok di hati, komunikasikan dengan vendornya :) 
Ini biasanya juga memakan budget agak tinggi, tapi ya tergantung sama permintaan sih ya. Untuk dekorasi ini juga perlu diperhatikan pemilihan bunganya. Beberapa vendor ga pelit bunga kok, jada again, jangan sungkan untuk nanya vendornya ya :)
*what I do:
Gw memilih vendor dengan batasan budget, kalaupun vendornya cantik mentereng tapi budgetnya bisa bikin gw nangis bombay bertahun-tahun *lebay* maka tidak gw pilih. Gw dan keluarga memutuskan cukup 2 vendor saja yang dilihat. Setelah liat-liat perform nya mereka, akhirnya kita sepakat langsung milih 1 vendor. Oh iya, beberapa vendor cuma ngelayanin 2 acara per harinya lho, jadi harus diperhatikan ya :)

8.  Make Up
Nah kalo yang ini sebenernya balik lagi kalian mau make up apa. Kalau mau make up yang tradisional, biasanya masing-masing punya "dukun manten" atau perias yang beda. Kalau mau rias yang nasional/internasional biasanya agak lebih mudah dicari :)
Biasanya perias ini juga menyewakan baju pengantin, jadi kalo kalian bingung masalah jahit menjahit atau lebih pengen nyewa dibanding jahit, bisa sewa disini :)
Beberapa salon juga punya perias favoritnya lho yang bisa didapatkan dengan sistem "siapa cepat dia dapat". Jadi kalo udah sreg sama salonnya dan mau dapet perias terbaik sebaiknya cepat-cepat booking :)
*what I do:
Berdasarkan rekomendasi dari temen-temen dan baca-baca di internet, gw memilih antara 2 sanggar untuk make up gw. Setelah banding-bandingin harga dan survey tentang keahlian masing-masing, akhirnya gw milih ke sanggar yang lebih pro dalam make up nasional, berhubung gw book dari jauh-jauh hari, gw masih bisa dapet perias favorit disana lho ;D
Nah untuk acara adat gw (berhubung gw pake acara adat dan akad nya beda hari) gw pake perias yang ada di Bogor dan dia cukup oke untuk pengantin Solo :)

9. Photography
Nah ini juga penting lhooo. Jangan sampai salah milih photography, kalo hasilnya jelek, ga bisa diulang kan :"(
Kalo yang ini sih gw serahkan sama selera dan budget masing-masing sih ya. Soalnya kalo seni itu kan selera. Kalo budget, photography bisa makan budge yang lumayan gede lho. Untuk photography yang cukup terkenal di salah satu situs wedding terkenal, dia pasang harga untuk wedding aja bisa di atas 40 juta. Wedding aja lho, belum prewedding *nangis* 
Jadi untuk prewedding saran gw sih banyak-banyak liat hasilnya. tapi jangan kebanyakan vendor juga yang diliat, ntar tambah galau.. Menurut gw ada beberapa vendor photography yang oke misalnya:

1. Hypnosis Photography
2. Maheza Studio
3. Colorful Photography
4. OwMo (former Irvan Airlangga)
5. Lightbrush Photography
6. Photo Talk Studio
7. Kicky & The Glow Photography
8. Le Sae
9. Raya Foto
10. Larva

Untuk yang nomor 3-10 gw ada PL nya, jadi kalau mau silakan kasih email kalian, ntar gw kirimin deh ;)
Untuk yang nomor 1, keburu ga berani nanya harganya, abis katanya mahal cyin.. Kalo yang nomor 2 PL nya ga tau kmana, huhuhuhu..

Harus di cek juga mereka available di tanggal tersebut apa ga, trus one day session mereka itu berapa jam. apakah beneran 1 day, atau cuma beberapa jam. Terus berapa charge untuk tambahan hari atau tambahan personel. Untuk yang nikah di geding atau di luar kota, cek juga apakah ini rekanan gedung (siapa tau kalian keberatan kalo harus bayar charge) dan kalo dibawa ke luar kota ada charge atau ga :)
Terus biasanya harga prewedding, wedding, dan videography itu beda-beda lho.. jadi harus bener-bener di cek ya PL dari masing-masing vendor ;)
*what I do:
Jujur, milih vendor photography adalah hal paling bikin puyeng sedunia, hahahha.. Bukan, gw bukan lebay, tapi ya itu tadi makin banyak pilihan kok kayanya semua pilihannya bagus-bagus, huhuhu.. Tapi ya berhubung gw dan calon punya budget tertentu dan kita pecinta bonus, akhirnya kita pilihlah vendor dengan harga yang oke dan bonusnya banyak, muahahahhaa *ditimpuk* 

10. Entertainment
Kalo ini kembali ke selera masing-masing ya. Kalo gw sih sebenernya mau yang oke tapi harga terjangkau *ya iyalah* *menurut lo aja sih shin*
Kalo untuk entertainment kalian bisa pilih mau yang chamber (biasanya ada baby grand piano, saxophone) atau accoustic (biasanya pakai keyboard, gitar, bass). Biasanya harga chamber lebih mahal :)

Biasanya entertainment ini juga menyediakan jasa untuk MC dan penari. Mereka juga bisa nyediain screen dan projector lho.. Tapi ya beda entertainment beda jasa sih ya :)
*what I do:
Gw milih entertainment yang pasti rekanan sama gedung gw *biar hemat cyin* dan gw minta sekalian MC sama secreen nya. Untuk musiknya, karena gw kayanya kaga ada jazzy2 nya, gw kemungkinan besar pilih accoustic. Oh tentu saja, bonus dan potongan juga gw perhatikan, mihihihihi..

Kayanya itu aja ya yang mau gw sharing. Post sesudah ini mungkin lebih kepada apa aja sih yang sudah gw lakukan.. yaaayyy.. sabar yaaa *pret* *berasa artis*


Love,
Shinta

13 comments:

  1. huihihihi...
    masuk "nominasi" aja udah aLhamduLiLLah deh...
    hehehe
    :D

    ReplyDelete
  2. Hai Shinta, aku sedang mencari vendor Photography juga untuk acaraku April nanti.. boleh dikirimkan PL-nya vendor photography ke emailku: arief.syahriza30@gmail.com.. terima kasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Arief, sudah aku kirimkan beberapa PL ke emailmu ya :)
      Semoga membantu :)

      Delete
  3. Hay Shinta, untuk vendor photography jadinya pilih yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Syela.. maaf banget baru reply.. aku jadinya pilih Photo Talk Studio :)

      Delete
  4. hai mba,blh minta pricelistnya si vendor2 photography tsb? tlg email ke pratiwieka.wulandari@gmai.com. terimakasihhh

    ReplyDelete
  5. Hi Mba boleh minta PL untuk vendor2 yg dipake mba..
    klo boleh di email ke utie1906@gmail.com
    Terimakasih:)

    ReplyDelete
  6. say, blh minta tolong kirimin pricelist untuk photography dr 3-10 k fitriyani.doctor@gmail.com, makasih banyak yaa. ak mau cb pake buat acara mslhny, trmksh ;)

    ReplyDelete
  7. Aku mo jg ya dkirimkan ya ke: intan.nj@gmail.com..thanks h

    ReplyDelete
  8. Mbak Shinta, salam kenal
    Aku jg mau PLnya ya
    bisa mbak kirimkan ke susi.rosiana@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete