Friday, August 23, 2013

Wedding Preparation 1

Hello there..

Melanjutkan post gw sebelumnya dimana sekarang gw (insyaallah) sudah ada calon jadi sekarang lagi masa-masanya jadi bridezilla.. hahahaha *menatap nanar ke kalender*

Kali ini gw cuma mau share beberapa tips dalam mempersiapkan pernikahan.. Ga banyak kok dan mohon maaf kalo emang ga lengkap, maklum ya sekarang pun gw masih dalam tahap persiapan kok.. Hehehe.. 

Jadi (based on my experience and some of my friends') apa aja sih yang harus dipersiapkan? Btw, poto-poto di bawah dipersembahkan oleh Mbah Google :D

1. Calon Pasangan dan Komitmen
Yakinkan diri anda dan pasangan bahwa kalian memang siap untuk menikah *ini kenapa gw kaya Mario Teguh* *ampun Om Mario* Yap, kalo belum yakin mau menikah ya coba dirundingkan lagi. After all, menikah itu kan ibadah ya, jadi ya kalau bisa ga perlu ditunda-tunda :)
Komitmen juga harus dibicarakan, misalnya apakah setelah menikah akan tinggal di rumah mertua atau apartemen, apakah istri masih bisa bekerja, dll. Beberapa pasangan sampai membuat perjanjian pra nikah lho, dulu ibu kos gw juga bikin perjanjian pra nikah sama suaminya, katanya untuk melindungi hak masing-masing.. Well, the choice is yours guys.. :)
*what I do:
Gw ga pake bikin perjanjian pra nikah segala sih. Tapi ada banyak kesepakatan yang gw dan si Mas buat, misalnya  ya karena sebelum menikah kami sudah sama-sama bekerja, jadinya ketika memutuskan untuk menikah gw minta untuk bisa tetep kerja. Kalaupun gw mau berenti, itu ya karena gw mau berenti bukan karena suami gw meminta, alhamdulillah dia setuju, dan dengan dia setuju kami juga harus menghadapi long distance marriage. Well, itu cuma 1 dari beberapa kesepakatan yang kami buat. Menurut gw sih kalian juga harus bikin kesepakatan, biar setelah menikah bisa jelas ke depannya akan gimana :) 

2. Restu Orang Tua
Plis jangan timpuk gw dulu *ngumpet di balik bantal* walaupun kalian bakal bilang "ya  gw juga tau kaliiiii" ini penting lho sodara-sodara, karena kadang ada aja pasangan yang udah tiba-tiba pesen gedung, trus tiba-tiba restu bundo ga turun.. kan susah ya.. 
Jadi pastikan bahwa pasangannya ada, sudah sama-sama setuju untuk menikah, dan keluarga sudah merestui.. Apakah kalian mau pesen gedung dll setelah lamaran atau sebelum lamaran, itu balik lagi ke kesepakatan keluarga :)
*what I do: 
Kalo di keluarga gw, maunya semua sudah pasti baru kita cari-cari persiapan pernikahan. Jadi keluarga si Mas melamar gw sekitar 7 bulan sebelum hari H, baru deh kita cari-cari persiapan nikahan :)

3. The Date & The Place
Mungkin ada pasangan yang butuh diskusi lebih lanjut dengan keluarga tentang tanggal baik & tanggal buruk, ada yang ga perlu. Ada yang mau nikah di tanggal cantik, ada yang mau tanggal-apa-aja-yang-penting-gw-sah :D
lalu apakah akad nikah/pemberkatan akan sama harinya dengan resepsi itu juga perlu dibahas..
Penentuan hari juga perlu dibahas, misalnya mau mengundang teman-teman atau kerabat dari luar kota, mungkin pernikahan bisa dilaksanakan Sabtu, supaya Minggu mereka bisa kembali ke tempat asal dengan tenang ga ngejar-ngejar flight..
Tempat juga perlu dibahas, apakah mau menikah di rumah, di gedung, di taman, di pantai.. Apakah mau menikah di kota kelahiran, kota tempat kerja, luar negeri, tempat wisata, tempat ibadah, dll :)
Rencana tempat, bulan, dan tahun ini penting banget lho, buat set gedung, catering, dekor, dll.. Soalnya beda tahun harga bisa beda :)
*what I do:
Kebetulan keluarga gw dan si Mas ga pakai tanggal baik buruk karena buat kami semua tanggal baik, hanya saja keluarga Mas maunya kami nikah tahun 2014, soalnya kakak si Mas nikah tahun 2013, jadi biar ga dempet-dempet banget gitu.. Karena kita emang udah pengen nikah, jadilah di set Januari 2014 :) 
Kalo tanggalnya kita menyesuaikan gedung yang penting hari Sabtu.. hahaha.. ini juga tips kalo pengen nikah di gedung yang cukup terkenal untuk pernikahan (khususnya di Jakarta) and it works lho buat gw, daripada nangis-nangis karena gedungnya udah fully booked di tanggal yang gw mau, kalo gw sih bilang ke marketing gedungnya "saya mau nikah Januari 2014 hari Sabtu, yang masih kosong tanggal berapa ya Mba?" dan dikasihlah 2 tanggal, tanya2 keluarga dan calon, dipilihlah 1 tanggal, book deh :D
Oh ya, gw milih hari Sabtu dengan alasan yang sama persis kaya di atas tadi.. Soalnya gw pengalaman dateng ke 2 acara nikahan temen pas hari Minggu, gw kasian ngeliat temen-temen dari luar kota yang harus ngejar flight.. semoga Sabtu bisa bikin mereka lebih santai, aamiin :) 

4. Budget

Yang ini penting banget ya sodara-sodara. Hal yang harus sangat-sangat dirundingkan sama keluarga da pasangan soalnya pernikahan adalah salah satu acara yang memakan cukup banyak biaya. Biasaya biaya yang paling besar itu adalah catering, lalu dekorasi, lalu photography atau gedung. Secara sekarang harga photography ada yang di atas harga sewa gedungnya gitu cyin, bahkan di atas harga dekorasi *garuk-garuk tembok* lalu ya biaya make up, undangan, dll. Kenapa harus set up budget? Ya iya dong, kita ga mau kan abis nikah abis itu nangis guling-guling karena ngeliat saldo tabungan yang kok-ga-kerasa-udah-abis-aja-ya-terus-abis-ini-gw-makan-apa. Remember, the real life starts after the wedding :)
Setelah set up budget, jsebaiknya kita punya catatan berapa uang yang sudah dikeluarkan dan berapa sisa yang harus dibayar, bisa dibuat dalam bentuk kertas kerja *bahasa akuntansi sekaliiii* dengan memberika keterangan item-itemnya seperti dekorasi, dll, lalu dibuat total harganya, berapa yang sudah dibayar, dan berapa sisa yang harus dibayar :)
Oh iya, satu hal yang harus diperhatikan adalah berapa hari mau melaksanakan pernikahan. Biasanya akan lebih hemat jika akad/pemberkatan dilanjut di hari yang sama dengan resepsi. Kalau dipisah ya berarti kan ada tambahan catering, dekorasi, dll..
Oh iya, penting untuk membicarakan tentang sharing cost dengan pasangan. Harus disepakati berapa bagian yang harus ditanggung siapa, biar ga ribut-ribut di belakang, hehehe.. :) Tapi kalo mau ditanggung oleh salah satu aja ya silakan lho, the choice is yours.. :D
*what I do:
Kalo gw sih bikin budget per item dulu supaya bisa keliatan totalnya berapa trus diberikan kepada keluarga besar untuk direview *berasa kerjaan aja ye* trus gw juga punya kertas kerja yang tadi gw sarankan, itu membantu lho, di kertas kerjanya bahkan gw tulis kapan gw bayar DP. membantu untuk tau berapa sisa yang harus dibayar :) Berhubung acara gw insyaallah 2 hari (karena 1 hari akad mau dilanjut acara adat), jadi budget emang agak gede sih, ya semoga rejekinya ada ya,aamiin :)

5. Venue-Gedung
Untuk yang akan menikah di gedung, pastikan jumlah tamu yang akan diundang, lalu pakai adat apa. Karena misalnya mau mengundang 1000 tamu ya ga usah pesen yang untuk 2000 tamu lah ya, selain lebih mahal ntar kalo pas pestanya terlihat sepi kan jadi ga oke. Untuk yang mau pakai adat Sumatera Barat dan pakai suntiang misalnya, mungkin pilih gedung dengan langit-langit tinggi supaya terlihat cantik :)
Terus kalau bisa booking dilakukan 1 tahun sebelum hari H, atau ya maksimal 6 bulan sebelum hari H terutama kalau kalian menikah di peak season *duileh berasa kerjaan ye ada peak season* misalnya di bulan-bulan liburan anak sekolah, sebelum bulan Ramadhan atau di tanggal cantik. 
Pastikan datang dulu ke gedungnya buat liat-liat. Bikin janji sama marketingnya dulu, mereka pasti mau kok menunjukkan gedungnya ke kita. Biar kita bisa liat suka ga dengan shapenya, luasnya, ambiance nya..
Venue di gedung ini biasanya punya rekanan vendor, baiknya kita memakai vendor rekanan gedung karena kalau pake vendor di luar rekanan akan kena charge tambahan yang kalo ditotal lumayan ya bok bisa dipakai buat honeymoon :D

*what I do:
Berhubung gw dan keluarga ga mau bikin pesta yang ngundang ribuan tamu dan kita maunya yang strategis di antara Bogor (rumah gw) dan Bekasi (rumah si Mas) kita akhirnya pilih di Antam *ini ada hubungannya ga sih? ada aja lah ya* dan gw book dengan cara di atas, tanya mereka ada di tanggal berapa trus book deh :D


Ini dulu aja yaaa.. post selanjutnya gw akan membahas tentang catering, dekorasi, photography, dll.. :D

Semoga share wedding preparation tahap 1 ini bermanfaat, hehe..

Love,
Shinta
  

    

No comments:

Post a Comment